Peningkatan Kinerja Guru Berbasis Budaya Sekolah dan Motivasi Kerja Guru

  • Abdul Komar Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo
Keywords: School Culture, Teacher Work Motivation, Teacher Performance

Abstract

This study aims to determine the effect of school culture on teacher performance and the effect of teacher work motivation on teacher performance. This type of research is a qualitative research sourced from existing theories and previous research journals that are relevant to the variables in this study. The results showed that school culture had a positive effect on teacher performance, teacher work motivation had a positive effect on teacher performance.

References

Ansar dan Masaong. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah. Gorontalo: Sentra Media

Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Erlangga

Farida, Tri Hartati. Peran Motivasi Guru Terhadap Kinerja Guru Taman Kanak Kanak : Studi pada TK Aisyiyah Pembina Piyungan Bantul Yogyakarta. 2014. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta : Tesis

Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: PT Toko Gunung Agung

Komarudin. Pengaruh Motivasi Kerja dan Budaya Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Se-Lampung Timur. 2018. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO Vol. 3. No. 1

Lestari, W., Selvia, F., & Layliyyah, R. (2019). Pendekatan Open-ended Terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 5(2), 184-197.

Lestari, W. (2018). Enhancing an Ability Mathematical Reasoning through Metacognitive Strategies. JPhCS, 1097(1), 012117.

Listyorini, Enny., Samtono. Pengaruh Kompensasi, Kepuasan Kerja, dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru di Gugus Erlangga UPTD Pendidikan Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal. 2017. Jurnal Visi Manajemen, Vol 2 , No 2

Martini, Tini. Pengaruh Perilaku Kepemimpinan, Motivasi Berprestasi dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru. 2019. Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis, Vol 10 , No 1

Ningsih, Mustika Sulistio. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di MA Al- Hikmah Wayhalim Kedaton Bandar Lampung. 2017. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung : Skripsi

Nurviza, Cut., Yusrizal., Usman, Nasir., Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada Sma Unggul Negeri 2 Boarding School Kota Banda Aceh. 2019. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, Volume 7, No. 1

Oktaviani, Christina. Peran Budaya Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru. 2015. Manajer Pendidikan, Volume 9, Nomor 4

Ridwan, Moh. Pengaruh Iklim Kerja dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru : Studi pada MA Di Kabupaten Cilacap. 2013. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan, Volume I, Nomor 2

Riyadi, Slamet., Mulyapradana, Aria. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Radhatul Atfal di Kota Pekalongan. 2017. Jurnal Litbang Kota Pekalongan , Vol. 13

Pratama, L. D., Lestari, W., & Bahauddin, A. (2019). Game Edukasi: Apakah membuat belajar lebih menarik?. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 5(1), 39-50.

Pratama, L. D., Lestari, W., & Astutik, I. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Edutainment Di Tengah Pandemi Covid-19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2).

Pratama, L. D., & Lestari, W. (2020). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 278-285.

Pratama, L., Lestari, W., & Jailani, J. (2019). Metacognitive Skills in Mathematics Problem Solving. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(3), 286-295.

Pratama, L. D., & Setyaningrum, W. (2018, September). Game-Based Learning: The effects on student cognitive and affective aspects. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1097, No. 1, p. 012123).

Pratama, L. D., & Setyaningrum, W. (2018). GBL in Math Problem Solving: Is it Effective?. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 12(6), 101-111.

Lestari, W., Pratama, L. D., & Jailani, J. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(1), 29-36.

Pratama, L. D., Lestari, W., & Jailani, J. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Melalui Problem Based Learning Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 11-21.

Pratama, L. D., & Setyaningrum, W. (2018). Algoritma Berhitung Blija ̂h: Alternatif Pembelajaran Operasi Penjumlahan dan Pengurangan. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 19-33.

Pratama, L. D., & Lestari, W. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Performance Task. In Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY (pp. 415-420).

Pratama, L. D., & Lestari, W. (2017, September). Eksplorasi Etnomatematika Petani dalam Lingkup Masyarakat Jawa. In SENATIK 2017.

Robbins, S.P. 2015. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat

Schein, Edgar H. 2014. Organizational Culture and Leadership. San Francisco: Josey-BassPublishers

Setyaningrum, W., Pratama, L. D., & Ali, M. B. (2018). Game-based learning in problem solving method: The effects on students’ achievement. International Journal on Emerging Mathematics Education, 2(2), 157.

Supriyadi dan Guno. 2011. Budaya Kerja Organisasi Pemerintah. Jakarta : Lembaga Administrasi Negera

Uno, H. B. dan N. Lamatenggo. 2012. Teori Kinerja dan Pengukurannya. Cetakan Pertama. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Published
05-07-2020
How to Cite
Komar, A. (2020). Peningkatan Kinerja Guru Berbasis Budaya Sekolah dan Motivasi Kerja Guru. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 6(2), 109-117. https://doi.org/10.36835/attalim.v6i2.362
Section
Articles