Desain Pendidikan Akhlak di Sekolah Menengah Pertama 2 Jember

  • Ahmad Royani Institut Agama Islam Negeri Jember

Abstract

Munculnya counter productive dalam dunia pendidikan telah menyebabkan munculnya gejala-gejala di kalangan anak muda, bahkan orang tua, yang menunjukkan bahwa mereka mengabaikan nilai dan moral dalam tata krama pergaulan yang sangat diperlukan dalam suatu masyarakat yang beradab. Keprihatinan terhadap dekadensi moral ibarat sebilah pisau bermata dua. Jika mencari akar masalah pada orang lain pada hakikatnya akar masalah itu juga bermula dari diri sendiri sehingga menyalahkan orang lain berarti pula menyalahkan diri sendiri. Untuk itu perlu dicarikan solusi dan aksi pendidikan akhlak yang tepat. Penelitian mengenai “Model Pendidikan Akhlak Aplikatif-Integratif di SMPN 2 Jember” dilakukan berpijak dari keprihatinan tersebut. Hasil penelitian ini menujukan bahwa desain pendidikan akhlak aplikatif integratif di SMP Negeri 2 Jember dengan menerapkan empat model, pertama terintegrasi dengan kegiatan belajar mengajar (KBM). Kedua buadaya sekolah yang meliputi kegiatan rutin yang merupakan kegiatan sudah terprogam, kegiatan spontan, keteladanan dari tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, pengkondisian fisik maupun non-fisik. Ketiga kegiatan ekstra kurikuler yang merupakan kegiatan tambahan di SMPN 2 Jember. Keempat Kegiatan berbasis komonitas yang melibatkan orang tua dan masyarakat dalam pelaksanaan pendidikan akhlak aplikatif integratif.

Kata Kuci; Pendidikan, Akhlak, Sekolah

References

Akhmad Muhaiin Azzet. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogykarata: Ar-Ruz Media

Al Ghazali Imam. 1990. Ihya’ Ulumiddin. Semarang: CV Asy Syifa.

Aqib, Zaenal. 2002. Profesionalisme Pendidik dalam Pembelajaran. Surabaya: Cendikia.

Arifin, Miftah. 2007. Pendidikan Akhlak dalam Presfektf Imam Al-Ghazali. Jember: Center For Society Studies

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmani, Ma’mur Jamal. 2013. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press

Asrohah, Hanun. “Pendidikan Akhlak: Problem dan Perspektif”, Nizamia, Vol.5, No. 2 (Agustus 2012)

Azra, Azyumardi. 2002. Paradigma Baru Pendidikan Nasional: Rekontruksi dan Demokratisasi. Jakarta: Kompas.

Dakir, 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Depdiknas, 2005. Undang Undang No.14 tahun 2005 Tentang Pendidik dan Dosen Jakarta: Depdiknas RI

Haikal Husain, 2012, Wanita Dalam Pembinaan Pendidikan Karakter Bangsa, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamalik, Oemar. 1999. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, Jakarta.

Ilyas, M. 2016. Upaya Meningkatkan Akhlakul Karimah Dalam Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Di Smpn I Pajarakan. Humanistika: Jurnal Keislaman, 2(1)

Islam, M. H. (2015). THORNDIKE THEORY AND IT’S APPLICATION IN LEARNING. Attalim, 1(1), 37-47.

Islam, M. H. (2017). DIVERSITY AND MULTICULTURAL. Humanistika, 3(1), 83-103.

Iswanto, Agus. 2009. Pendidikan Agama Islam Dalam Presfektif Multikulturalisme. Jakarata: Balai Litbang Agama Jakarta

Khoe Yau Tung, 2002. Simphoni Pedih Pendidikan Nasional. Jakarta: Abdi Tandur

Lestari, W. (2018, September). Enhancing an Ability Mathematical Reasoning through Metacognitive Strategies. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1097, No. 1, p. 012117). IOP Publishing.

Lestari, W., Pratama, L. D., & Jailani, J. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(1), 29-36.

Pratama, L. D., Lestari, W., & Jailani, J. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Melalui Problem Based Learning Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 11-21.

Pratama, L. D., & Setyaningrum, W. (2018). GBL in Math Problem Solving: Is it Effective?. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 12(6), 101-111.

Pratama, L. D., & Setyaningrum, W. (2018, September). Game-Based Learning: The effects on student cognitive and affective aspects. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1097, No. 1, p. 012123). IOP Publishing.

Pratama, L. D., & Lestari, W. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Performance Task. In Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY (pp. 415-420).

Pratama, L. D., & Lestari, W. (2017, September). Eksplorasi Etnomatematika Petani dalam Lingkup Masyarakat Jawa. In SENATIK 2017.

Setyaningrum, W., Pratama, L. D., & Ali, M. B. (2018). Game-based learning in problem solving method: The effects on students’ achievement. International Journal on Emerging Mathematics Education, 2(2), 157.

Published
15-01-2019
How to Cite
Royani, A. (2019). Desain Pendidikan Akhlak di Sekolah Menengah Pertama 2 Jember. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 5(1), 1-16. https://doi.org/10.36835/attalim.v5i1.61
Section
Articles