Pendidikan Islam dan Dinamika Madrasah Diniyah di Era Modern

  • Musyafi' Institut Ilmu Keislaman Zainul Hasan Genggong

Abstract

Aktivitas kependidikan agama Islam di Indonesia pada dasarnya sudah berlangsung dan berkembang sejak sebelum Indonesia merdeka hingga sekarang. Hal ini dapat di lihat dari fenomena tumbuh berkembangnya program dan praktek pendidikan Islam yang dilaksanakan di Nusantara, baik yang berupa pondok pesantren, pendidikan madrasah, pendidikan umum yang bernafaskan Islam, pelajarn pendidikan agama Islam yang diselenggarakan di lembaga-lembaga pendidikan umum sebagai suatu mata pelajaran, maupun pendidikan Islam yang diselenggarakan oleh kelompok tertentu di masayarakat, serta tempat-tempat ibadah dan media masa. Pendidikan Islam sekarang ini dihadapkan pada tantangan kehidupan manusia modern. Dengan demikian, pendidikan Islam harus diarahkan pada kebutuhan perubahan masyarakat modern. Dalam menghadapi suatu perubahan, diperlukan suatu disain paradigma baru di dalam menghadapi tuntutan-tuntutan yang baru. Untuk itu, pendidikan Islam perlu didisain untuk menjawab tantangan prubahan zaman tersebut, baik pada sisi konsepnya, kurikulum, kualitas sumberdaya insaninya, lembaga-lembaga dan organisasinya, serta mengkonstruksinya agar dapat relevan dengan perubahan masyarakat tersebut.

References

Daulay, Putra, Haidar A. 2010. Pemberdayaan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta

Islam, M. H. (2015). THORNDIKE THEORY AND IT’S APPLICATION IN LEARNING. Attalim, 1(1), 37-47.

Islam, M. H. (2016). IMPLEMENTATION SCHEME TECHNIQUES IN IMPROVEMENT UNDERSTANDING ABILITY IN READING. Attalim, 2(1), 51-58.

Islam, M. H. (2016). Ibnu Taimiyah and His Concept of Economy. Iqtishoduna: Jurnal Ekonomi Islam, 5(1), 15-33.

muhammad Hifdil Islam. (2016). Inclusivity and Deradicalization of Religion. HUMANISTIKA : Jurnal Keislaman, 2(2), 183-194.

Islam, M. H. (2017). DIVERSITY AND MULTICULTURAL. Humanistika, 3(1), 83-103.

Islam, M. H. (2017). Tolerance in Persepective Of Qur’an And Bibel (Comparative Analysis of Religious Tolerance in Diverses Community). Humanistika, 3(2), 45-58.

Islam, M. H. (2018). Islamic Law in Indonesia. Asy-Syari’ah: Jurnal Hukum Islam, 4(1), 31-50.

Islam, M. H. (2018, March). TEACHING OF ISLAM ON TOLERANCE IN RELIGIOUS DIVERSITY. In International Conference on" Islam Nusantara, National Integrity, and World Peace" 2018.

Islam, M. H. (2018, March). TEACHING OF ISLAM ON TOLERANCE IN RELIGIOUS DIVERSITY. In International Conference on" Islam Nusantara, National Integrity, and World Peace" 2018.

Lestari, W. (2018, September). Enhancing an Ability Mathematical Reasoning through Metacognitive Strategies. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1097, No. 1, p. 012117). IOP Publishing.

Mas’ud, Abdurrahman dkk. 2002. Dinamika Pesantren dan Madrasah. Semarang: Pustaka Pelajar

MS, Isma’il. 2008. Strategi Pembelajaran Islam Berbasis PAIKEM. “Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan”, Semarang: Rasail

Muhaimin. 2004. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nizar, Samsul. 2002. Filsafat Pendidikan Islam:Pendekatan Historis, Teoritis, dan Praktis. Jakarta: Ciputat Press.

Pratama, L. D., Lestari, W., & Jailani, J. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Melalui Problem Based Learning Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 11-21.

Pratama, L. D., & Setyaningrum, W. (2018). GBL in Math Problem Solving: Is it Effective?. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 12(6), 101-111.

Pratama, L. D., & Setyaningrum, W. (2018, September). Game-Based Learning: The effects on student cognitive and affective aspects. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1097, No. 1, p. 012123). IOP Publishing.

Pratama, L. D., & Lestari, W. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Performance Task. In Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY (pp. 415-420).

Pratama, L. D., & Lestari, W. (2017, September). Eksplorasi Etnomatematika Petani dalam Lingkup Masyarakat Jawa. In SENATIK 2017.

Setyaningrum, W., Pratama, L. D., & Ali, M. B. (2018). Game-based learning in problem solving method: The effects on students’ achievement. International Journal on Emerging Mathematics Education, 2(2), 157.

Shaleh, Rachman, Abdul. 2004. Madrasah Dan Pendidikan Anak Bangsa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Soebahar, Halim, Abd. 2013. Kebijakan Pendidikan Islam Dari Ordonasi Guru Sampai UU Sisdiknas. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Published
15-01-2019
How to Cite
Musyafi’. (2019). Pendidikan Islam dan Dinamika Madrasah Diniyah di Era Modern . At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 5(1), 51-61. https://doi.org/10.36835/attalim.v5i1.65
Section
Articles