open access

Abstract

Pendidikan merupakan alternatif utama bagi umat manusia dalam memberantas kebodohan. Sama halnya dengan apa yang dilakukan Rasulullah SAW., yang tidak di utus oleh Allah kecuali untuk penyempurnaan akhlaq manusia. Pembahasan tentang pendidikan ini akan tetap menjadi suatu perbincangan yang aktual, karena hanya pendidikanlah sarana satu-satunya bagi manusia untuk mengembangkan fitrah dasar yang diberikan Tuhan kepadanya (QS. Al A’raf : 172)
Al Quran sebagai kitab suci yang diwahyukan Allah untuk menunjukkan manusia kepada kehidupan yang baik, dengan maksud tersebut Al Quran memuat berbagai petunjuk, keterangan, prinsip, hukum serta konsep-konsep tentang pendidikan. Allah tidak akan menurunkan Al Quran kecuali menerangkan kepada manusia tentang apa yang mereka selisihkan dan sebagai petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman (QS. 16 : 64), juga agar manusia memikirkan ayat-ayatNya dan orang-orang yang berfikir itu ingat kepada Allah (QS. 38 : 29).
Ada dua hal pembahasan ini, 1) Konsep Pendidikan dalam Al Qur’an, QS Al An’am ayat 75-80. 2) Komponen-komponen Pendidikan yang ada dalam Al Quran yang meliputi Tujuan Pendidikan, Kurikulum Pendidikan, Subyek dan Obyek Pendidikan serta Metode Pendidikan, yang termaktub dalam beberapa ayat Al Quran diantaranya ; QS Al Alaq 1-5, QS Ali Imran 138-139, QS Ar Rahman 1-4, QS At Tahrim 6.

Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam, Persepektif, Al Qur’an