The Triangle of Educational Leadership

(Perspective on Al-Qur’an, Al-Hadits, and Scientific Theory)

  • Poppy Rachman Institut Ilmu Keislaman Zainul Hasan Genggong
Keywords: Segitiga, Pendidikan, Kepemimpinan

Abstract

Penelitian ini berjudul The Triangle Of Educational Leadership (Perspective on Al-Qur’an, Al-Hadits, and Scientific Theory). Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan perspektif teori kepemimpinan terhadap Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Teori Ilmiah, yang dikaitkan dengan kepemimpinan pendidikan. Penelitian ini menunjukkan bahwa yang paling kuat dalam kepemimpinan adalah pengaruh. Teori ini dapat diterapkan pada kepemimpinan pendidikan. Penelitian ini hanya sebatas pada karakteristik kepemimpinan, selanjutnya teori kepemimpinan penelitian ini akan diterapkan pada kepemimpinan pendidikan. Dari hasil kajian kepemimpinan diatas penulis mengemukakan teori “The Triangle of Educational Leadership (Teori Segitiga Kepemimpinan)” yang berlandaskan Al-Qur’an dan Al-Hadits dan dikorelasikan dengan teori keilmuan modern. Teori tersebut adalah “Influence (Pengaruh), Integrity (Integritas), Vision (Visi), Communicative (kemampuan berkomunikasi).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. Amin, “Etika Tauhidik Sebagai Dasar Kesatuan Epistemologi Keilmuan Umum dan Agama (Dari Paradigma Positivistik- Sekularistik ke Arah Teoantroposentrik-Integralistik)”, dalam M. Amin Abdullah dkk., Integrasi Sains Islam Mempertemukan Epistemologi Islam dan Sains, (Yogyakarta: Pilar Relegia dan SUKA Press, 2004).

Antonio, Muhammad Syafi’I. 2009. Muhammd Saw The Super Leader Super Manajer. Jakarta: Pro LM & Tazkia Publishing.

Al-Imām Abū ‘Īsā Muḥammad bin Īsā bin Sawrah bin Mūsā bin al-Daḥḥak al-Salmī al-Tur-mūzi, Sunan al-Turmūzī, Hadis 1.627 dalam Ensiklopedi Hadits Kitab 9 Imam [CD ROM], www.lidwa-pustaka.com, 2010.

Barbour, Ian G., "Science and Religion Today". dalam Ian G. Barbour (ed.). Science and Religion: New Perspectives on the Dialogue (1st ed.), (New York: Evanston and London Harper & Row, 1968).

Covey, Stephen R. 2005. The 8th Habit from Effectiveness to Greatness. (London: Simon & Schuster UK Ltd, 2005), hal. 114

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, (Jakarta: Depag RI, 2012). Al-Nisa’ (4:59)

Masniati. 2015. Kepemimpinan dalam Islam. Jurnal Al-Qadau, Vol 2, No 1, 2015, hlm. 41-73

Muchlishin BK, 2019. Tafsir ibnu katsir - Asbabun nuzul An-Nisa’ 59. https://bersamadakwah.net/surat-an-nisa-ayat-59/

Osseo‐Asare, A.E., Longbottom, D. and Murphy, W.D. (2005), “Leadership best practices for sustaining quality in UK higher education from the perspective of the EFQM Excellence Model”, Quality Assurance in Education, Vol. 13 No. 2, pp. 148‐70.

Peter Serdyukov. 2017. Innovation in Education: What Works, What Doesn’t, and What to do About It?. Jurnal Emerald Group Publishing Limited, Vol 10, No 1, 2017, pp. 4-33.

Ronald Backers. 2017. Management Strategies for Aligning Higher Education Accomudation with the User Needs. Jurnal Emerald Group Publishing Limited, Vol 17, No 2, 2015, hlm. 80-97

Richard Hall. 2013. The Future Management Education in Australia: Challanges and Innovations. Jurnal Emerald Group Publishing Limited, Vol 55, No 4, 2013, hlm. 348-369

Richard Hall. 2008. Strategy in Educational Leadership: in Search of Unity. Jurnal Emerald Group Publishing Limited, Vol 46, No 3, 2008, hlm. 353-375
Published
30-06-2022
How to Cite
Rachman, P. (2022). The Triangle of Educational Leadership . HUMANISTIKA : Jurnal Keislaman, 8(2), 313-331. https://doi.org/10.55210/humanistika.v8i2.842
Section
Articles
Abstract views: 49 , pdf downloads: 55